Beberapa bulan belakangan, saya sering mendengarkan lagu-lagu bertemakan Bandung, terutama di malam hari. Entah kenapa, saya jadi rindu dengan Bandung. Kok bisa rindu? Wong saat ini saat ini saya berdomisili di Bandung. Saya juga menghabiskan sebagian besar hidup saya di Bandung, dari SD sampai detik ini.

Bagi saya, lagu-lagu bertemakan Bandung merupakan sebuah musik yang misterius banget. Seolah-olah saya lagi jauh dari Bandung, seolah-olah saya lagi merantau di sebuah wilayah yang jauh dari Bandung, padahal saya selalu berada di Bandung dan hampir tidak pernah meninggalkannya.

Berikut ini rekomendasi lima lagu bertemakan Bandung yang cocok banget didengarkan oleh siapa saja yang lagi kangen dengan Bandung dengan segala serba-serbinya.

#1 Halo-Halo Bandung

Dilansir dari Historia, sampai saat ini, kontroversi tentang siapa pencipta lagu perjuangan “Halo-Halo Bandung” masih menuai perdebatan. Ada yang bilang, lagu tersebut diciptakan oleh Ismail Marzuki saat blio menyaksikan Peristiwa Bandung Lautan Api pada tahun 1946. Ada juga yang bilang bahwa lagu tersebut diciptakan oleh perwira Siliwangi berdarah Batak dengan nama Tobing. Tapi saya gak akan membahas siapa penciptanya, itu urusan sejarawan.

Sebagai orang yang lahir dan tumbuh besar di Bandung, saya selalu merinding dan pingin nangis ketika mendengarkan lagu “Halo-Halo Bandung”. Pasalnya, saya jadi kebayang dengan perjuangan warga Kota Bandung saat itu yang rela mengungsi meninggalkan kota kesayangannya, meninggalkan harta bendanya dan membakar rumahnya supaya kota kesayangannya tidak dipergunakan oleh sekutu.

Saya selalu kebayang-bayang dengan perjuangan salah satu pahlawan yang gugur dalam Peristiwa Bandung Lautan Api, yakni Muhammad Toha. Pasalnya, dalam Peristiwa Bandung Lautan Api, blio tertembak oleh musuh. Secara heroik, biar tidak membebani rekannya, blio menggunakan granat untuk meledakkan dirinya beserta gudang mesiu tersebut. Saya aja yang cuma membaca perjuangan blio lewat buku sejarah selalu merinding dan pingin nangis, apalagi rekan-rekannya menyaksikannya secara langsung? Untuk mengenang jasa blio, saat ini nama blio diabadikan menjadi salah satu jalan protokol di Kota Bandung.

#2 The Panasdalam (Feat Danila) – Dan Bandung

Lagu bertemakan Bandung kedua yang saya rekomendasikan adalah lagu dengan judul “Dan Bandung” karya Pidi Baiq yang dibawakan The Panasdalam dan Danila Riyadi sebagai soundtrack film Dilan.

Cobain deh, sekali-kali dengerin lagu ini sambil keliling Bandung di malam hari sembari ditemani angin malam Bandung! Saat melakukan hal tersebut, saya jadi teringat kenangan masa remaja saya yang lagi jalan-jalan di Kota Bandung bareng (mantan) kekasih saya yang saat ini sudah punya kehidupannya masing-masing, sama seperti Dilan dan Milea yang tepaksa berpisah dan punya kehidupannya masing-masing.

Bandung memang tidak semegah Jakarta apalagi Tokyo. Itu jelas! Namun, bagi saya dan jutaan orang yang lahir dan pernah tinggal di Bandung, ia punya magisnya tersendiri yang membuat kami selalu ingin kembali ke kota ini.

#3 Yura Yunita – Bandung

Lagu bertemakan Bandung ketiga rekomendasi saya adalah lagu “Bandung” yang dibawakan oleh Yura Yunita. Suara Junko Ohasi pada lagu ini terasa “Nyunda” banget! Suara Yura Yunita sangat powerful dan menjiwai banget, sumpah! Penggelaran liriknya dibuat sepenuhnya dalam Bahasa Sunda. Video klipnya juga terasa banget budaya Sundanya yang kental banget soalnya lagu ini berisikan suara hati seseorang yang lagi merindukan Bandung.

“Sajauh ning panginditan (Sejauh mana kupergi)

Satebih hing lelengkahan (Kemanapun kumelangkah)

Heup dimana diri miara (Dimanapun aku berada)

Mulang tetep ka salira (Selalu ingin kembali padamu (Bandung))”

Saya benar-benar banga dengan Teh Yura Yunita bukan saja karena blio lahir dan tumbuh dewasa di Bandung kayak saya. Tapi karena blio sudah turut melestarikan budaya Sunda lewat karyanya ini. Pasalnya, lagu berbahasa Sunda jumlahnya sedikit banget! Bahasa Sunda yang ditampilkan dalam lagu ini pun Bahasa Sunda lemes yang sudah jarang dituturkan oleh orang Sunda itu sendiri seiring perkembangan zaman.

#4 Mocca – Bandung

Lagu bertemakan Bandung keempat yang saya rekomendasikan adalah lagu “Bandung” yang dibawakan oleh Mocca. Lagu yang isinya kurang lebih menggambarkan Bandung sebagai Kota Kembang ini dikemas dalam Bahasa Inggris yang enak banget buat didengarkan.

“Friendly Bandung city

Holds the past of ancient glories

and a thrilling future mystery”

Saya benar-benar banga dengan Mocca atas karyanya ini! Bukan saja karena Mocca ini berasal dari Bandung. Bukan saja karena sebagian besar personilnya berasal dari Bandung kayak saya, tapi lewat sajian lagu ini, bisa dikatakan, Mocca ini saya sebut sebagai band lokal rasa internasional karena musikalitasnya berkualitas banget!

#5 Doel Sumbang – Bandung

Lagu bertemakan Bandung terakhir yang saya rekomendsikan adalah lagu “Bandung” yang dibawakan oleh Doel Sumbang. Saya jamin, banyak Generasi Milenial apalagi Gen Z yang asing dengan nama ini. Doel Sumbang adalah musisi asal Bandung dengan nama asli Wahyu Affandi. Blio adalah salah satu musisi Sunda yang paling legendaris, karyanya banyak banget!

Sebagian besar lagu karyanya menceritakan kehidupan orang Sunda di Jawa Barat, termasuk lagu ini. Lagu ini menceritakan bagaimana indahnya Kota Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan di sekitarnya, dari sisi Utara hingga sisi Selatan. Dalam Bahasa Sunda, tentu saja.

Itulah lima rekomendasi lagu bertemakan bandung terbaik versi saya. Sebetulnya masih banyak lagi lagu bertemakan Bandung seperti lagu berjudul Matraman karya The Upstair atau lagu berjudul Celengan Rindu karya Fiersa Besari, tapi menurut saya, lima lagu inilah yang lebih merepresentasikan Bandung secara sempurna jika dibandingkan lagu lainnya.

Sebagai penutup, izinkanlah saya untuk mengutip kutipan Pidi Baiq, “Dan Bandung bagiku bukan cuma urusan wilayah belaka. Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi