Orochimaru adalah salah satu villain pada manga dan anime Naruto. Orochimaru adalah salah satu shinobi legendaris Kohona yang diberi julukan Sannin bersamaan dengan Jiraiya dan Tsunade oleh Hanzo dari Amegakure karena berhasil mengalahkannya. Matan anggota Akatsuki ini pun adalah orang yang tega membunuh gurunya sendiri, yakni Hiruzen Sarutobi alias Hokage Ketiga. Dalam kesehariannya ia selalu ditemani oleh anak buahnya yang bernama Kabuto.

Bagi saya, Orochimaru adalah villain terbaik dalam semesta Naruto, ketimbang villain-villain lainnya seperti Danzo, Pain, Madara Uchiha Obito Uchiha, bahkan Kaguya sekalipun. Kenapa? Bagi saya, motif yang melatarbelakangi Orochimaru jadi villain itu gak menye-menye.

Sejak kemunculannya di Ujian Chunnin saja, vibes villain Orochimaru ini benar-benar terasa. Theme musiknya aja bikin merinding! Orochimaru pun gak nunjukkin belas kasihannya sama sekali pada Naruto dan Sasuke yang saat itu masih berstatus sebagai seorang Genin. Selain itu Orochimaru punya aura jahat yang luar biasa yang bahkan sampai bikin Hatake Kakashi gugup gemetaran ketika berhadapan langsung dengannya. Dapat kita lihat sepanjang ngikutin Naruto, siapapun yang berhadapan dengannya, selalu terindimidasi duluan saat berhadapan dengan Orochimaru.

Background story kenapa Orochimaru termotivasi jadi villain pun gak menye-menye. Orochimaru cuma pingin bisa hidup abadi biar bisa mempelajari semua ninjutsu yang ada di dunia. Bisa dibilang, Orochimaru adalah ilmuwan gila yang mendedikasikan ilmunya untuk kepentingan sains. Apapun ia lakukan untuk kepentingan eksperimennya, termasuk membunuh manusia sekalipun.

Orochimaru si ilmuwan sejati

Sebagai seorang ilmuwan sejati, ia berpikir sangat logis. Ia merasa waktunya di dunia teramat pendek untuk bisa mempelajari semua ninjutsu yang ada di dunia. Ia pun merasa, sekalipun berhasil jadi Hokage, bakalan percuma juga kalau ujung-ujungnya mati juga. Makanya ia mengembangkan Ninjutsu terlarang supaya bisa hidup abadi, gak peduli apapun risiko yang harus ia hadapi.

Sejauh ini pula, belum ada background story atau flashback tentang Gin yang ditampilkan dalam Detective Conan. Atau memang sengaja tak diciptakan, karena mungkin Aoyama pengin memberi vibes “some people just want to watch the whole world burn”.

Masashi Kishimoto berhasil membuat villain yang nggak sekadar kuat dan jahat saja. Sejauh ini, kemampuan Orochimaru bisa saya bilang di atas Jiraiya dan Tsunade. Ia bisa mengimbangi mereka berdua dalam sebuah pertarungan meskipun kedua tangannya tidak bisa digunakan pasca pertarungannya dengan Hokage Ketiga.

Dari penam pilannya saja, Orochimaru adalah villain yang intimidatif banget! Tinggi, berkulit pucat dan selalu menggunakan Ninjutsu ular dalam setiap kesempatan yang ada. Persona kulit pucat dan Ninjutsu ularnya mirip banget dengan Lord Voldemort dalam semesta Harry Potter. Keduanya pun sama-sama berusaha menaklukkan kematian dan ingin hidup abadi. Keduanya pun sama-sama berhasil membunuh gurunya masing-masing dan punya pengikut yang kesetiannya gak main-main.

Ketika pertama kali nonton Naruto di tahun 2005 saya sampai dibuat takjub dengan berkata, “Anjirlah, orang ini sekuat apa sih? Bisa bikin Kakashi gemetar ketakutan, berhasil membunuh Hokage Ketiga, bisa imbang lawan Jiraiya dan Tsunade tanpa kedua tangannya, dan mantan anggota Akatsuki juga!”

Orochimaru adalah villain terbaik dalam semesta Naruto yang saya pikir bakal jadi villain utama dan yang terakhir dikalahkan Naruto dalam manga dan animenya. Sayangnya, ada banyak tokoh yang jauh lebih kuat dari Orochimaru, seperti Itachi Uchiha, Nagato, Uchiha Madara, dan tentu saja Kaguya. Dalam manga dan anime Boruto pun, Orochimaru dibuat konyol banget, gak segagah awal kemunculannya dalam manga dan anime Naruto.

Tapi buat saya, Orochimaru adalah villain paling misterius, jahat, dan background storynya gak menye-menye. Jadi kalau disuruh menyebutkan villain terbaik dalam semesta Naruto, jawaban saya sudah jelas, Orochimaru.

Masa Obito? Memulai perang karena masalah cinta doang! Atau Nagato, bikin Akatsuki karena dendam doang. Klise! Orochimaru dong, pingin bisa hidup abadi biar bisa mendedikasikan hidupnya demi dunia sains. ~wqwqwq