Sebagai gym rat yang sudah lebih dari 7 tahun istiqamah di gym, saya sering mendapati berbagai pertanyaan seputar dunia fitness dari orang-orang di sekitar saya. Ada yang nanya tata cara latihan di gym buat pemula itu kayak gimana hingga pola makannya itu harus seperti apa.

Ditanyain kayak gitu tentu membuat saya senang. Meskipun gak semuanya bisa benar-benar saya ajakin. Ada yang punya kendala finansial sehingga lebih memilih olahraga di rumah biar bisa gratis, ada yang gak terlalu suka olahraga angkat beban dan lebih memilih jenis olahraga lain, hingga yang paling membagongkan, ada yang gak mau olahraga di gym gara-gara takut berotot kayak Ade Rai atau bahkan, takut jadi gay. 

Takut berotot? Yang mau berotot aja  masuk akal!

“Aing (Saya) mah gak mau nge-gym ah! Takut berotot kayak Ade Rai. Gak suka!”

Sungguh, mendengar kalimat tersebut, saya geleng-geleng kepala. Bagi saya, kalimat tersebut sama seperti “Saya gak mau sekolah! Takut punya gelar Profesor!”

Kan orang gak ujug-ujug punya predikat Profesor begitu saja kan? Ia harus menempuh pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, S-1, S-2, hingga S-3 bukan? Kamu harus membaca puluhan bahkan ratusan buku setiap tahunnya secara rutin untuk memperoleh predikat Profesor. Kamu juga harus rutin menulis serta mempublikasikan jurnal ilmiah biar punya gelar   Profesor. Gak ada yang instant sekalipun kamu punya IQ 160 kayak Stephen Hawking.

Demikian juga dalam dunia olahraga. FYI, biar punya massa otot sebesar Ade Rai atau atlet binaraga profesional lainnya itu gak gampang lho. Kamu harus latihan setiap hari selama bertahun-tahun dengan teknik yang baik dan benar, kamu harus memenuhi seluruh kebutuhan kalori serta makro dan mikro nutrisi yang diperlukan, kamu harus tidur yang cukup setiap hari. Gak ada yang instant sekalipun kamu punya genetik dewa atau pakai steroid sekalipun.

Saya aja yang udah lebih dari 6 tahun nge-gym badannya gini-gini aja, belum punya otot sebesar Ade Rai. Yang belum latihan kok bisa-bisanya takut berotot?  Lagian, kenapa takut berotot sih? FYI aja, memasuki usia 30 tahun, manusia kehilangan 1% massa otot setiap tahunnya, yang setara dengan penurunan fungsi tubuh sebesar 3%. Makanya banyak orang tua gampang jatuh di kamar mandi dan akhirnya lumpuh. Penyebabnya karena massa ototnya kurang.

Selain itu, menurut dr. Henry Suhendra, Sp.OT (K), massa otot yang banyak juga bikin kita lebih kuat melawan penyakit karena myokine yang dihasilkannya. Makanya, jangan takut punya massa otot yang banyak karena otot itu melindungi kita.

Cowok atletis itu gay? Itu mah denailnya mereka yang malas olahraga aja kali!

“Cowok-cowok atletis di gym itu biasanya gak suka cewek!”

Pasti pernah mendengar kalimat di atas? Saya berani jamin orang yang selalu menggunakan kalimat-kalimat di atas sebagai dalih untuk gak olahraga di gym itu hanya alasan doang. Alasan sebenarnya ya malas olahraga aja.

Gimana saya gak bilang gitu, pasalnya, yang ngatain cowok atletis itu gay kalau gak cowok-cowok berperut buncit, ya cowok-cowok kerempeng yang malas olahraga. Saya yakin, cowok-cowok yang ngatain cowok atletis itu gay itu sebenarnya pingin punya badan yang atletis tapi gak mampu, makanya ia cuma bisa nyinyir dengan bilang  cowok yang atletis itu gay.

“Cewek lebih suka pria buncit daripada pria sixpack!”

Memang, gak semua cewek suka cowok massa ototnya gede banget kayak Arnold Schwarzenegger, tapi bukan berarti cewek gak suka cowok atletis, lho. Lihat aja postingan Lee Min Hyuk tanpa baju yang disukai banyak cewek? Lihat saja saat Jonathan Christie alias Jojo buka baju di Asian Games 2018. Cewek lebih suka pria buncit itu denialnya mereka-mereka yang malas olahraga aja! 

Lebih banyak cowok straight menyebalkan di gym

Saya sudah lebih dari 7 tahun olahraga di gym. Gak cuma di satu gym aja, tapi di banyak gym yang berbeda. Hingga tulisan ini saya tulis, saya juga belum pernah ketemu dengan cowok gay yang suka godain cowok lainnya di gym.  Saya belum pernah ketemu dengan cowok gym yang terang-terangan bilang bahwa orientasi seksualnya itu gay ke saya atau orang lain.

Saya malah sering banget ngeliat cowok straight yang kelakuannya sangat menyebalkan di gym. Mulai dari cowok straight yang hobi banget modusin cewek-cewek yang lagi nge-gym, sampai om-om berkumis yang suka melontarkan jokes-jokes seksis yang nggak banget ke cewek-cewek yang lagi nge-gym. Kelakuan cowok-cowok tersebut tentunya bikin cewek yang mau fokus nge-gym jadi gak nyaman buat olahraga di gym!

Seperti itulah kiranya sejumlah alasan kenapa kamu nggak perlu takut berotot atau berubah jadi gay hanya gara-gara kamu berolahraga di gym.  Kalau kamu gak mau olahraga di gym karena takut berotot atau bahkan takut jadi gay, bagi saya sih, gak masuk akal seperti yang sudah saya sebutkan di atas.